e-commerce, akankah menggeser perdagangan konvensional?

e-commerce, digadang-gadang merupakan jenis perdagangan dunia kedepan. akankah perdagangan konvensional akan kehilangan daya tariknya?bagaimana dengan perlindungan terhadap konsumen?berikut ini ditampilkan e-commerce yang ada di sucofindo, silahkan untuk mengikuti link berikut :

E-COMMERCE

selain itu, saya juga melakukan review blog yang berkaitan dengan e-commerce. review yang dilakukan termasuk mencermati tentang tulisan dan beberapa kekurangan yang ada. berikut ditampilkan review blog yang saya lakukan :

Nama blog                          : www.abdulroqib.blogspot.com

Judul Blog                            : e-commerce permudah transaksi bisnis

Tanggal penulisan blog  : 5 November 2010

Review                

Abdul roqib pada tulisannya menjelaskan tentang definisi e-commerce, jenis-jenis e-commerce, manfaatnya bagi dunis bisnis dan ancaman yang terdapat didalamnya. Penjelasan yang diberikan cukup komprehensif dari segi dunia bisnis, karena dengan teknologi yang makin berkembang dan jumlah penduduk yang terus bertambah, dengan adanya e-commerce, sebuah perusahaan dapat meminimalkan biaya pemasaran dengan target pasar yang tidak terbatas.

Namun, ada hal kecil yang mungkin terlupakan dalam tulisannya yaitu sosialisasi penggunaan e-commerce dan adanya kebiasaan masyarakat yang ingin melihat produk yang akan dibeli.

 

Link                                        : http://blog.ub.ac.id/dwifajar/2011/03/31/perkembangan-e-commerce-di-indonesia/

Judul Blog                            : Perkembangan e-commerce di Indonesia

Tanggal penulisan blog  : 31 Maret 2011

Review

Dwifajar membahas tentang perkembangan e-commerce di Indonesia mulai dari awal berdirinya dyvia.com di tahun 1996. Pada tulisannya dwifajar menggambarkan tentang d-mall yang menampilkan produk-produk yang dijual secara virtual.

Hal yang menjadi kelemahan dari penulisan ini adalah dwifajar belum menampilkan perkembangan e-commerce secara komprehensif dan perkembangan dyvia.com apakah masih bertahan dengan inovasi-inovasi baru atau kalah bersaing dengan yang lain.

 

Link                                        :http://mhs.blog.ui.ac.id/hari.wibawa/2010/10/28/perkembangan-manfaat-dan-kelemahan-e-commerce/

Judul Blog                            : Perkembangan, manfaat dan kelemahan e-commerce

Tanggal penulisan            : 28 Oktober 2010

Review

e-commerce merupakan suatu aktivitas bisnis yang akan membuat dunia seakan terintegrasi. Jarak bukan lagi menjadi penghalang dalam melakukan transaksi. Namun disatu sisi kelemahan e-commerce perlu diantisipasi, sehingga bukan hanya trust atau kepercayaan antara penjual dan pembeli, namun juga adanya kepastian dalam pengiriman produk, kesesuaian antara produk yang dibeli dengan yang diterima, keamanan dalam transaksi dan lain sebagainya.

Hal yang mungkin dapat menjadi solusi dalam melakukan transaksi adalah adanya bantuan pihak ketiga dalam pengiriman produk dan penggunaan bank yang terpercaya dalam melakukan transaksi. Penggunaan pihak ketiga dalam pengiriman produk akan menjamin bahwa produk yang dikirim dapat dilacak keberadaannya melalui internet, sedangkan penggunaan jasa perbankan yang terpercaya akan menjamin bahwa transaksi keuangan yang terjadi akan aman.

 

Link                                        :http://mhs.blog.ui.ac.id/hari.wibawa/2010/10/28/perkembangan-manfaat-dan-kelemahan-e-commerce/

Judul Blog                            : Perkembangan, manfaat dan kelemahan e-commerce

Tanggal penulisan            : 28 Oktober 2010

 

Link                                        : http://agustinadewic.blogspot.com/2011/06/e-commerce.html

Judul Blog                            : e-commerce

Tanggal Penulisan            : Juni 2011

Review

Tulisan yang ada hanya mencakup pengertian dan ruang lingkup yang ada dalam e-commerce, ruang lingkup e-commerce dan faktor yang mendorong bertahannya perusahaan yang berbasis e-commerce. Dari sisi bahasan secara umum, tulisan tersebut cukup baik namun belum komprehensif terutama keunggulan dan kelemahan dari e-commerce, bentuk-bentuk e-commerce dan perkembangannya.

Hal yang menarik lainnya adalah penterjemahan dari e-commerce menjadi e-dagang, apakah hal tersebut diperbolehkan atau tidak. Apakah penterjemahan tersebut merupakan keharusan karena dari segi bahasa, hal tersebut tidak nyaman didengar.

 

Link                                        :http://handzmentallist.blogspot.com/2010/04/pengertian-e-commercepenjelasan-dan.html

Judul Blog                            : Pengertian, Penjelasan dan definisi e-commerce

Tanggal Penulisan            : 23 April 2010

Review

Dari judul yang ditampilkan terdapat kesamaan makna dari pengertian dan definisi, sehingga perbedaan antara keduanya tidak jelas. Jika diperbolehkan, judul dari blog tersebut diubah menjadi definisi dan penjelasan tentang e-commerce. Pada bagian lain dari tulisan ini terdapat kata-kata e-dagang yang kata-kata tersebut masih jarang digunakan. Jika membandingkan dengan blog sebelumnya milik agustina dewi, terdapat kesamaan dalam isinya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah agar tulisan tentang e-commerce ini lebih diperdalam, sehingga tidak saja kulit luarnya saja yang hanya sebatas pengertian dan penjelasan tetapi lebih komprehensif lagi membahas keunggulan, kelemahan, perkembangan dan tantangan e-commerce kedepannya.

 

Link                        : http://fadli-tn.info/blog/e-commerce

Judul tulisan       : e-commerce

Review

Tulisan yang ditampilkan sederhana, namun secara garis besar telah mewakili e-commerce secara keseluruhan, tulisan cukup komprehensif. Pembahasan mengenai keunggulan dan kelemahan e-commerce dibahas dengan bahasa yang cukup lugas.

Sejarah dan perkembangan e-commerce e-commerce dunia juga dibahas sampai kepada nilai transaksi tahun 2011 (prognosa). Tulisan ini direkomendsikan bagi individu yang ingin mengetahui e-commerce secara singkat namun cukup jelas.

 

Link                        : http://terusbelajar.wordpress.com/2011/04/11/fitur-fitur-web-penjualan-online-e-commerce/

Judul Tulisan      : fitur-fitur web penjualan online

Review

Pada blog ini, dijelaskan fitur-fitur yang ada dalam setiap perusahaan yang menggunakan e-commerce sebagai salah satu cara dalam memasarkan produknya. Fitur-fitur yang ada secara umum adalah back end application (halaman administrator) yang terdiri dari manajemen buku, manajemen pesanan, manajemen pembayaran, manajemen shipping, manajemen laporan per waktu, manajemen pelanggan, fasilitas integrasi, fasilitas back up dan manajemen retur.

Selain itu ada fitur front end application (pengunjung), security (keamanan) dan komunikasi. Contoh yang digunakan adalah pada bisnis buku yaitu pada toko buku. Tulisan yang ditampilkan cukup singkat hanya berupa pointer, tapi bagi pembaca yang memiliki back ground pendidikan komputer atau yang ingin mengetahui tentang dunia e-commerce, tulisan ini cukup menarik

 

Link                        : http://pasamu.com/mengapa-ada-e-commerce.html

Judul Tulisan      : Mengapa ada e-commerce

Review

Pada tulisan ini digambarkan melalui flow diagram mengenai pemasaran secara konvensional, dimana biaya pemasaran yang tinggi. Penulis mencoba membandingkan apabila dilakukan penjualan secara elektronik yang notabene tidak ada biaya pemasaran, sehingga diyakini lebioh murah. Namun disisi lain terdapat kasus dimana biaya riil tiket pesawat yang melalui perdagangan elektronik menjadi lebih mahal, sehingga di akhir tulisan disarankan untuk kembali ke perdagangan konvensional.

Menurut saya, dengan adanya perdagangan elektronik akan lebih menguntungkan, sedangkan untuk penjualan tiket pesawat secara elektronik melalui agen penjualan, menurut saya sudah tidak relevan lagi karena sekarang setiap maskapai penerbangan telah memiliki situs resmi yang menyediakan pembelian tiket secara online. Harga yang ditawarkan jelas lebih murah dibandingkan dengan agen. Untuk kasus lainnya, saya kira perbedaan harga yang ada antara penjualan konvensional dan penjualan secara elektronik adalah pada perbedaan ongkos kirim.

 

Link                        : http://ariesre.wordpress.com/2011/01/31/manfaat-e-commerce-bagi-pengguna-bisnis-online/

Judul Tulisan      : manfaat e-commerce bagi pengguna bisnis online

Review

pada blog ini dijabarkan tentang manfaat yang didapat pebisnis online dengan memanfaatkan e-commerce antara lain dapat memperluas jaringan bisnis, meminimalkan biaya pemasaran dan pada akhirnya adalah meningkatkan pendapatan. Kata kunci dalam bisnis online adalah kepercayaan, dimana pada bisnis ini pembeli dan penjual tidak bertemu, sehingga kelangsungan bisnis ini bersifat saling percaya.

Hal yang belum dibahas adalah sisi negatif dari e-commerce, apakah perlindungan konsumen yang ada dapat menjamin hak-hak konsumen?apakah kasus penjualan i-pad yang sebulan lalu dapat menjerat penjual produk secara online?pertanyaan-pertanyaan tersebut diharapkan dapat dijawab dalam kajian pada tulisa lain pada blog ini.

untuk lebih lengkapnya membaca blog yang telah direview, pembaca dapat mengikuti link yang tertera dalam tulisan diatas.

terima kasih, hatur nuhun, matur suwon